Sebuah Transformasi Kebaya Klasik hingga Artistik, Karya Anne Avantie

73. Sebuah Transformasi Kebaya Klasik hingga Artistik, Karya Anne Avantie

Jakarta Fashion Week (JFW) hadir kembali, perhelatan fashion tanah air ini terus menyuguhkan karya-karya indah hasil anak bangsa. JFW telah menjadi sebuah platform bagi penggeliat mode tanah air untuk memasuki pasar mode dunia.

Anne Avantie yang telah berkarya selama 26 tahun di industri mode, turut menjadi pelanggan setia JFW tahun demi tahun. Pada ajang JFW 2015 ini Anne menyuguhkan sebuah karya gambang semarang, yang bertransformasi dari kebaya klasik dengan pakem tradisional, hingga menjadi kebaya kontemporer nan artistik.

Melalui tangan Anne, suasana kota Semarang yang memiliki berbagai etnis dan budaya akan tergambarkan pada rancangan kebaya terbarunya. Suasana catwalk pun disuguhkan dengan alunan lagu yang membuat para penonton mengikuti perjalanan sejarah dari mata sang desainer.

Klasik

 Anne Avantie

Cerita dimulai dari sebuah video yang menceritakan Semarang jaman dulu dan menjadi latar runway. Kebaya klasik bersiluet kartini dengan motif bunga-bunga dan pakem tradisional menjadi awal perjalanan kebaya Semarang. Artis tanah air pun ikut berperan dalam fashion show tetrikal ini, antara lain Edrick Tjandra, Indra Bekti dan Indy Barends.

Gembang Semarang

Anne Avantie

26 tahun bukan waktu yang mudah bagi Anne Avantie, agar karya-karya dikenal di tanah air maupun dunia. Pencapaiannya saat ini tidak membuat dirinya lupa akan kota kelahirannya Semarang. Maka dari itu fashion show kali ini bertajuk Gembang Semarang.

Kebaya Kontemporer

Anne AvantieDari kebaya klasik bertajuk kartini, kini sang desainer mulai merambah ke kontemporer. Kebaya dihiasi panel transparan dengan beragam bordir dan payet yang memberikan kesan elegan.

Warna Bicara

Anne Avantie

Anne menggambarkan kota Semarang yang memiliki pengaruh budaya dan etnis melalui pembagian warna yang khas. Seperti, Tiong Hoa dengan warna merah dan hijau, lalu Arab dengan nuansa oranye.

Selebriti

Anne Avantie

Beberapa selebriti menjadi model untuk membawakan kebaya rancangan Anne Avantie. Diantaranya, Zaskia Gothic, Ayu Ting Ting, dan Julia Perez yang mengenakan kebaya warna merah dengan belahan tinggi, memberikan kesan seksi.

Veil

Anne Avantie

Tidak hanya menampilkan kebaya dengan bawahan kain, Anne juga menyuguhkan kain besar tertutup yang berbordir indah. Karyanya ini bak seorang pengantin yang memakai veil.

Celana Transparan

Anne Avantie

Dimulai dari kebaya berpakem tradisional, kini Anne menampilakan ke arah modern. Menggunakan warna hitam, emas, dan merah yang dipadankan dengan kain wiron bersama tulle mengembang, yang dikombinasikan bersama celana transparan yang hanya ditutupi border.

Muse

nne Avantie

Menutup karyanya di JFW tahuni ini, Desu Mulasari dipercaya untuk menampilkan muse-nya. Ia menggunakan kebaya berjubah hitam yang mewah nan anggun.

This post has already been read 5039 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>