Cara Bangun Dari Ketindihan (Sleep Paralysis) Saat Tidur

Sebelumnya pernah dibahas fenomena ketindihan saat tidur atau Sleep Paralysis memiliki penjelasan secara medis. Lalu, bagaimana cara bangun dari ketindihan saat tidur atau sleep paralysis?

5 Cara Bangun dari Ketindihan Saat Tidur – Sleep Paralysis

1. Jangan melawan

Saat mengalami sleep paralysis kita merasa tubuh kita seperti ditekan, susah bernafas, mata susah terbuka, berteriak susah bahkan terasa seperti tercekik. Ini benar-benar akan teringat karena terasa seperti pengalaman buruk.

Jangan melawan, karena melawan akan meningkatkan rasa takut. Tumbuhkan rasa pasrah agar tubuh segera rileks dan kamu bisa melanjutkan tidurmu kembali.

2. Go with the flow

Ikuti bayangan yang menghampiri saat kamu mengalami sleep paralysis. Jelaskan kepada otak kita, ‘ini hanya sleep paralysis dan saya sedang baik-baik saja’. Dengan begitu ketindihan saat tidur segera berakhir.

3. Goyangkan kaki

sleep paralysis

Jika ingin bangun dan segera sadarkan diri dari tidurmu yang gagal itu cobalah untuk goyangkan kaki. Minimal gerakan jari kaki secara perlahan sambil berkata dalam hati kalau kamu sedang mengalami sleep paralysis.

4. Fokus mengatur nafas

Biasanya ketindihan saat tidur bisa membuat kita sampai sulit bernafas. Sangking sulit kamu bisa berpikir kalau ada makhluk gaib yang sedang meniban tubuh kamu dan ingin masuk ragamu.

Pada kejadian sleep paralysis, kesulitan bernafas adalah hal yang hampir pasti terjadi. Otot dada, tangan, kaki mengeras dan susah mengikuti kontrol.

Segera atur nafas dan kontrol sehingga detak jantung kembali stabil. Jika tidak bisa menarik nafas panjang, kamu cukup menarik nafas seperti biasanya. Sleep paralysis akan berjalan dengan sendirinya dan tubuh akan kembali tenang.

5. Mendapat bantuan dari teman tidur

Jika kamu tidak tidur sendiri, ini sangat menguntungkan. Kamu bisa menyenggol teman tidurmu atau mengeluarkan suara untuk memanggilnya. Ada orang lain yang bisa membangunkan dan menyadarkan kamu dari sleep paralysis.

This post has already been read 17227 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>