Cerita Motivasi: Orang Bodoh dan Uang 500 Rupiah

Cerita motivasi ini mengisahkan seorang pengusaha yang kala itu sedang memangkas rambutnya di tukang cukur dekat kantornya. Saat ia sedang dicukur, ada seorang anak kecil berlari-lari dan melompat-lompat di hadapan mereka.

 “Itu Bejo, dia anak paling bodoh di dunia”, ujar sang tukang cukur, mungkin ia tahu pelanggannya bertanya.

 “Apa iya?” pengusaha tersebut tidak yakin jika Bejo adalah seorang anak paling bodoh di dunia.

Untuk itu, tukang cukur memanggil Bejodan memberikanny uang dual lembar untuk dipilih. Yang satu 1000 rupiah dan satunya lagi 500 rupiah.

“Bejo, kamu boleh pilih dan ambil salah satu uang ini, terserah kamu mau pilih yang mana, ayo nih!” tukang cukur membuat Bejo melihat pada dua lembar uang yang disuruhnya untuk dipilih itu. Dan tanpa pikir panjang tangannya bergerak mengambil uang dengan angka 500 rupiah.

Tukang cukur pun merasa senang karena pertanyaan pengusaha tadi dan keraguannya bisa ia buktika. Menurutnya, Bejo adalah anak terbodoh yang pernah ia temui. Ia bahkan sudah beberapa kali melakukan hal seperti ini sebagai tes. Pilihan Bejo selalu jatuh pada nilai uang yang lebih kecil angkanya.

Cerita motivasi berlanjut – Karena penasaran, pengusaha itu pun ketika di perjalanan pulang dan bertemu Bejo ia bertanya pada anak itu,  “Bejo, tadi saya melihat sewaktu tukang cukur menawarkan uang lembaran Rp. 1000 dan Rp. 500, kenapa yang kamu ambil uang yang Rp. 500, kenapa tidak mengambil yang Rp. 1000, nilainya kan lebih besar 2 kali lipat dari yang Rp. 500?”.

Dengan enteng Bejo pun menjawabnya, ”Saya tidak akan dapat lagi Rp. 500 setiap hari, karena tukang cukur itu selalu penasaran kenapa saya tidak ambil yang seribu. Kalau saya ambil yang Rp. 1000, berarti permainannya akan selesai…”

Cerita motivasi ini sangat mengandung banyak hikmah terutama untuk tidak sombong dan menganggap rendah orang lain. Dari cerita motivasi ini disimpulkan bahwa merasa paling pintar padahal dirinya tidak lebih pintar. Perbedanya pemikiran orang sukses dan kurang sukses pun dapat diambil dari cerita ini. Bahwa  orang sukses berfikir untuk hari ini dan esok, sedangkan orang kurang sukses berfikir hanya untuk hari ini.

Lihat cerita lain.

This post has already been read 14472 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>