Hati-Hati Memilih Pembalut Saat Menstruasi

Banyak tanda seorang perempuan sudah melalui masa pubernya. Salah satunya adalah ketika perempuan tersebut sudah mengalami menstruasi. Umumnya pertama kali menstrusi terjadi pada usia 12 tahun. Tapi ada juga yang lebih cepat dan lebih lambat, semua tergantung hormon dan genetik masing-masing orang. Selain itu, apa yang di konsumsi bisa berpengaruh pada menstruasi.

Nah, saat menstuasi tentunya kita memerlukan pembalut. Banya merek pembalut dengan iklan yang menjanjikan produknya ‘anti tembus’ atau ‘nyaman dipakai saat beraktivitas dan tidur malam’. Tentunya ini menarik perhatian kita.

Menurut dr. Susie, dari RS. Pondok Indah – Puri Indah, pembalut yang ideal adalah pembalut yang cepat menyerap cairan, memiliki permukaan lembut untuk mengurangi gesekan penyebab iritasi, tidak mengandung parfum, dan tidak menimbulkan alergi.

Kita tetap perlu hati-hati memilih pembalut saat menstruasi. Dude, ada hal yang perlu diperhatikan ni soal memilih pembalut, antara lain:

Sesuikan dengan kegiatan

Sekarang hampir semua merek pembalut sudah memiliki produk pembalut yang menggunakan wings. Sebaiknya saat banyak aktivitas, kamu memilih pembalut seperti ini. Selain untuk membuat kamu lebih nyaman, kamu juga tidak perlu lagi memakai hingga dua pembalut secara bersamaan karena takut tembus.

Perhatikan bahan pembalut

Mulai dari permukaan pembalut, lekukan hingga bagian bawah yang merekat ke pakaian dalam kamu perlu dilihat. Kamu bisa baca keterangan dikemasan produk tersebut, dan bila kulit kamu sensitif hindari pembalut yang memiliki bahan semi plastik.

Bahan seperti ini tidak menyerap keringat, biasanya ada dibagian samping atau bagian bawah pembalut. Ini bisa menyebabkan gatal di area vital kamu.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Umumnya menstrusi selama 7 hari. Tapi sebagian orang bisa mengalami kurang atau lebih dari waktu tersebut. Di hari-hari pertama, mungkin kamu memerlukan pembalut dengan daya serap tinggi. Setelah itu kamu bisa ganti dengan pembalut yang slim.

Tapi bila di hari-hari pertama menstruasi kamu tidak lancar, kamu tidak perlu menggunakan pembalut dengan daya serap tinggi. mengapa demikian? Karena, saat kita tidak mengeluarkan apapun, pembalut bisa menyerap keringat kita, dan pada akhirnya permukaan pembalut akan lembab dan bisa mengakibatkan lecet atau luka di area vital kamu.

Apapun merek pembalut yang kamu gunakan, sebaiknya kamu mempertimbangkan bukan berdasarkan harganya melainkan karena kenyamanannya. Bila sudah menemukan jenis pembalut yang cocok dengan keadaan kulit kamu, jangan berganti-ganti merek setiap menstruasi. Gantilah setiap beberapa jam sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kamu. Jangan tunggu sampai waktunya mandi baru menggantinya dengan pembalut baru. Ingat, hati-hati memilih pembalut saat menstruasi agar area vital kamu tidak mudah iritasi ya.

(Berbagai Sumber)

This post has already been read 6434 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>