Ngeri, Ketindihan Saat Tidur (Sleep Paralysis)

Istilah ketindihan saat tidur mungkin sudah familiar di telinga orang Indonesia. Fenomena ketindihan saat tidur ini sering diartikan saat tidur kita sedang ditindih setan atau jin.

Orang kita kan senang sekali bicara hal mistik dan horor yang mengaitkan sesuatu kondisi dengan keberadaan setan, jin, iblis, demit dan sebangsanya. Padahal, secara medis ketindihan saat tidur itu ada penjelasannya.

Sebutan medis ketindihan saat tidur adalah Sleep Paralysis atau sederhanya kelumpuhan saat tidur. Secara sederhana sleep paralysis atau ketindihan saat tidur dapat terjadi karena kamu mengalami gangguan pada tahapan-tahapan tidur akibat kelelahan atau kurang waktu tidur.

sleep paralysis

Tahapan tidur seseorang itu dibagi jadi beberapa bagian:

1. Tahapan tidur ringan

2. Tidur lebih dalam (ambang sadar)

3. Tidur paling dalam (tidur pulas)

4. Rapid Eye Movement (REM)

Saat tubuh kelelahan maka pola tidur tidak normal seperti biasanya. Dalam keadaan terganggu seperti ini bisa mengakibatkan tubuh kita tidak mudah memasuki tahapan tidur dengan mulus. Saat otak dan tubuh kita kelelahan, kita bisa terbangun sebelum masuk ke tahapan tidur yang paling akhir dan ini menyebabkan terjadinya sleep paralysis atau ketindihan saat tidur.

Makanya, kamu perlu membiasakan berdoa sebelum tidur. Selain itu bersih-bersih sebelum tidur juga bisa membuat kamu merasa lebih nyaman. Jadi, setelah beraktifitas jangan lupa mandi dulu ya sebelum tidur.

Baca Juga:

This post has already been read 12069 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>