Pernah Dengar Wabah Tawa Tanganyika Yang Mengerikan?

Dude, apa kamu bisa membayangkan kalau tertawa bisa mematikan? Saat tertawa kita mengeluarkan energi dari dalam tubuh, bayangkan bila tertawa kelamaan kita bisa kehausan, suara serak dan tenggorokan perih. Lalu, apa kamu pernah dengar wabah tawa yang mematikan? Wabah Tawa Tanganyika adalah penyakit atau keadaan aneh yang sempat membuat orang merasa ketakutan.

Apa Itu Wabah Tawa Tanganyika?

Wabah Tawa Tanganyika menyebar di tahun 1962. Penyakit ini berhasil didokumentasikan dalam sebuah dokumentasi psikogenik dan sebuah sumber, Central African Journal of Medicine melaporkan ditahun berikutnya tentang wabah tawa tanganyika ini secara lengkap.

Wabah ini dimulai 30 Januari saat mahasiswa di salah satu asrama di Tanzania asik bercanda. Satu sama lain ngobrol seperti keadaan di asrama pada umumnya dan dari hal itu, seorang remaja mulai tertawa tanpa kendali. Awalnya hanya ada satu anak, kemudian beberapa orang disamping yang melihat anak tersebut tertawa pelan-pelan ikut tertawa. Setelah ketiga anak gadis ini tertawa tiada hentinya, semakin banyak anak-anak yang tertawa yang kemudian makin lama dan makin panjang. Wabah tawa ini mempengaruhi 60% dari siswa. Mereka tertawa dari sekedar jam, sampai berhari-hari..

Korban wabah tawa tanganyika ini, yang hampir semuanya adalah wanita, akhirnya mengalami kesakitan, pingsan, masalah pernapasan bahkan menangis.

wabah tawa tanganyika

Wabah tawa ini menular ke orang tua para mahasiswa dan orangtua disekitar. Pada bulan April dan Mei lebih dari 200 orang mengalami wabah tawa tanganyika. Di bukan Juni wabah tawa menyebar keluar sekolah bahkan ke desa lain. Pada akhir wabah ini menyebar sebanyak 14 sekolah ditutup dan lebih dari 1000 orang menderita karena tertawa berkepanjangan. Perlu waktu hingga 18 bulan lamanya sampai wabah tawa tanganyika ini berhenti total dan kehidupan kembali normal.
Para ilmuwan tidak memiliki penjelasan tentang keadaan di Tanzania tersebut.

Hipotesis yang paling populer adalah bentuk Mass Psikogenik Penyakit ( MPI ) – atau dikenal sebagai histeria massa – kemungkinan besar dibawa oleh sumber makanan tercemar . Itu semua mereka yang terkena dampak diisolasi ke daerah tunggal mendukung teori ini , meskipun fakta epidemi tawa hanya muncul untuk mempengaruhi anak-anak dan bukan orang dewasa telah peneliti bingung .

Sangat menarik untuk dicatat ini adalah satu-satunya contoh sejarah dari jenis histeria pada catatan yang pernah ada. Sekalipun sudah di cek sampel darah penderita wabah tawa saat itu, hasil cek laboraturium adalah NAD (no abnormal detacted).

Video Wabah Tawa Tanganyika yang pernah terjadi di tanzania

video from Laughology
 
 

This post has already been read 18144 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>