Tips Hemat dan Punya Uang Simpanan untuk Perempuan

Setiap orang pasti pernah atau akan merasakan yang namanya gaji pertama. Kalau kamu, gaji pertama dibelanjakan untuk apa? Pasti rasanya senang sekali ya saat menerimanya :)

Ada hal penting tentang keuangan yang tidak bisa kamu abaikan. Gak banyak kok, hanya dua saja.

Pertama tentang penghematan

Ini bicara bagaimana kamu membelanjakan dan menghabiskan uang kamu. Mungkin kamu tidak menyadari bahwa dengan memiliki pola hemat, nantinya kamu justru akan memiliki lebih banyak barang berharga yang bisa membuat kamu senang.

Kedua tentang uang simpanan

Jadi seorang perempuan tidak cukup hanya jadi orang yang konsumtif. Kita juga harus produktif dan menghasilkan uang sendiri, maka itu kita perlu bekerja, berkarya dan memiliki penghasilan.

Nah, setelah kamu mendapatkan uang dari jeri payah kamu tentu kamu ingin belanjakan untuk ini dan itu sesuai kebutuhan kamu. Biasanya menjelang tanggal gajian perempuan sudah sibuk mengintip akun online shop di instagram, bahkan ada yang niat sampai buka websitenya satu persatu.

Tidak ada yang salah dengan membelanjakan uang gaji yang kamu dapat, dengan catatan sesuai dengan kebutuhan dan bukan keperluan yang dibuat-buat atau sengaja diada-adakan.

Setiap bulan seharusnya kamu memiliki uang simpanan. Tidak harus dalam jumlah yang besar. Kamu cukup berhitung sesuai dengan gaji yang kamu dapat dan kebutuhan yang perlu dicukupi setiap bulannya. Kalau kamu bingung, kamu perlu baca tips keuangan berikut ini.

Tips supaya bisa punya uang simpanan

Kamu harus bisa membagi atau membuat pos masing-masing pengeluaran berdasarkan kebutuhan jika ingin memiliki uang simpanan atau tabungan. Lakukan pembagian setiap bulan dengan ketentuan seperti ini:

1. Pembayaran zakat, infak dan amal sedekah

Zakat memiliki hitungan wajib 2,5% tapi untuk hitungan amal yang lainnya kamu bisa pos uang yang perlu dikeluarkan 5% dari gaji yang kamu dapat.

2. Lunasi cicilan utang

Buat pos pengeluaran untuk utang seperti biaya kamar kost atau sewa rumah, kebersihan, loundry pakaian, dan tagihan yang datang setiap bulan lainnya. Seharusnya 30% dari gaji sudah cukup untuk melunasi utang tersebut. Jika utang lebih besar dari persentase tersebut, sebaiknya kamu memilah dan melakukan eliminasi untuk mengurangi utang.

3. Saving, Investasi dan Asuransi

Kamu harus memiliki uang simpanan atau investasi. Selain itu juga untuk keamanan keuangan kamu perlu memiliki asuransi atas nama kamu. Lakukan pos keuangan untuk poin nomer 3 ini sebesar 15% dari gaji yang kamu dapat.

4. Habiskan gaji

Poin ini pasti jadi poin yang paling kamu suka. Gaji yang bisa kamu habiskan adalah sisanya, berarti 50% dari gaji kamu. Kamu bisa belikan barang-barang pribadi, belanja bulanan, pakaian, aksesoris, koleksi dan hobi. Dengan mengikuti cara ini sebenarnya kamu bisa mencapai kebebas finansial. Lalu bagaimana kalau setelah dihitung-hitung jatah 50% ini tidak cukup? Tandanya kamu harus baca tips keuangan tentang cara berhemat berikut ini.

Tips hemat yang tidak menyiksa

Ganti tempat main

Biasanya orang yang sulit berhemat karena dia terlibat dalam sebuah komunitas. Gaya hidup ‘anak nongkrong’ itu memang lebih konsumtif. Selama berkumpul kamu mengeluarkan pembayaran untuk transportasi entah itu beli bensin atau bayar taxi, pengeluaran untuk makan dan minum, dan pengeluaran tidak terduga lainnya.

Tidak ada yang salah dengan memiliki komunitas, tapi kamu bisa alihkan tempat ngumpul sesekali seperti ketemuan di tempat lari atau sport center lainnya. Intinya kamu bisa mengganti tempat kumpul kamu supaya pengeluaran lebih minim. Ini bisa bikin kamu lebih hemat.

Kebiasaan ngemil

Kamu punya kebiasaan ngemil? Ini juga bikin pengeluaran kamu jadi buncit. Nah, kamu bisa kurangin porsi ngemil kamu. Cukup kurangi ngemil di malam hari. Selain bisa lebih hemat, kamu bisa jadi kurus juga kok :)

Selain itu dari pada iseng dan jadinya ngemil terus, lebih baik kamu download aplikasi DBS Smart Money di smartphone kamu. Kamu harus tahu, ini game simulator yang keren dari DBS. Ide dibuatnya aplikasi ini karena DBS ingin membuat orang-orang lebih mengerti tentang instrument keuangan.

 DBS Smart money

Pertama download kamu akan diberikan modal, setelah itu kamu bisa coba main seperti jalani hidup kamu yang nyata. Game simulator ini sangat seru karena kita bisa membelanjakan uang yang kita punya sekaligus mengajarkan kita untuk punya tabungan, investasi, main saham tanpa memiliki resiko kerugian. Penasaran?

Download sekarang

 

Baca Juga:

3 Hal Paling Mahal Di Jepang

Selena Gomez Outfit: Denim Style Terlihat Santai dan Cantik

Cara Memakai Kuteks Motif Koran yang Cantik

 

This post has already been read 11879 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>